Sabtu, 15 Maret 2014

Merangkai Titik Membentuk Lingkaran





Menyalun indah tali persaudaraan itu tidak otomatis. Bak kapas yang menjadi benang, tentunya harus melewati berbagai proses. Dari mulai menanam bibit kapas, menuai kapas, hingga menjadi segulung benang atau bahkan menjadi sehelai kain.
Apakah tali persaudaraan itu penting bagi manusia? Tentu! Apakah bisa manusia hidup tanpa sosialisasi? Mmmh bisa nggak ya?
Yang udah dapet sosum pasti bisa jawab (tapi secara logika juga bisa ditebak sih jawabannya, hehehe...) Ayo apa jawabannya? Yup! Manusia adalah makhuk sosial yang butuh bersosialisasi. Manusia tidak mungkin hidup sendiri. Itu sebabnya Nabi Adam diberi teman Siti Hawa, lalu dari mereka lahirlah banyak manusia yang beragam karakternya. Allah menjadikan manusia berbangsa-bangsa dan bersuku-suku. Naaah, mengapa ayo? Karena Allah ingin manusia saling mengenal. So, let’s we see QS. Al-Hujuraat : 13
يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَاكُمْ مِنْ ذَكَرٍ وَأُنْثَى وَجَعَلْنَاكُمْ شُعُوبًا وَقَبَائِلَ لِتَعَارَفُوا إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللَّهِ أَتْقَاكُمْ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ
Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.
Membentuk tali persaudaraan dan sosialisasi sangat berkaitan erat. Dengan adanya sosialisasi antar manusia, tali persaudaraan bisa terbentuk. Hakikatnya, setiap muslim itu bersaudara sehingga yang perlu diusahakan ialah menyalun tali-tali persaudaraan sehingga terbentuk untaian yang indah dan kuat. Untuk menyalun itu tidak mudah, butuh kesadaran, pemahaman, dan tentunya perjuangan.
Sosiaisasi menjadi tali persaudaraan, tali persaudaraan dirangkai menjadi bentuk yang kokoh dan kuat. Ituah bentuk ideal hubungan antar manusia yang telah Islam atur. Namun, apakah bentuk ideal tersebut telah terealisasi di lapang? Itulah permasalahan yang perlu diselesaikan.
Sebenarnya cukup sederhana, apabila kita ingin menyalun tali persaudaraan menjadi suatu material yang kokoh kita cukup bentuk pola lingkaran. Dari tiap titik manusia, kelompokkanlah mereka hingga terbentuk sebuah lingkaran manusia. Lumrahnya lingkaran itu kita sebut MENTORING. Ya, mentoring adalah sarana menyalun tali persaudaraan sehingga kokoh.
Mentoring adalah sarana sosialisasi yang sehat dan kaya manfaat (wih... kayak makanan bergizi aja J). Di dalam mentoring kita bisa sharing informasi, menambah wawasan, curhat, tuker kado, minjem buku kakak mentor yang sedepartemen (*eh), dan lain-lain. Pokoknya banyaaak banget manfaatnya. So, gak peru pikir panjang lagi buat segera ikut mentoring! Selain banyak manfaat, dapat pahala juga lho dari Allah karena kita berusaha mengamakan firmannya untuk bersosialisasi dan saling mengenal yang tadi disebutin di QS Al-Hujuraat : 13.
Mau mentoring? Please call 083876733730 (male) and 08568643941 (female) :)


 

1 komentar :

Posting Komentar

Yuk Mentoring

Yuk Mentoring

Wolferine mentoring

Wolferine mentoring

Islamic Student Center IPB Copyright © 2011 | Template created by O Pregador | Powered by Blogger